SUVARNA.ID

Gunakan 8 Digital Marketing Tools Ini untuk Memudahkan Bisnis Kamu!

Dalam melakukan digital marketing, ada digital marketing tools yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan. Apa itu digital marketing tools? Digital marketing tools adalah alat yang berfungsi untuk memudahkan usaha dan bisnis. Kategorinya juga beragam, ada yang berkaitan dengan efektifitas dan juga ada yang berbentuk analitik. Untuk kamu yang ingin menjadi digital marketer atau ingin melakukan aktivitas digital marketing, berikut adalah digital marketing tools yang bisa dan wajib kamu gunakan:

1. Google Analytics

Sebagai seorang digital marketing, tentunya akan sering memonitor dan analisa perkembangan website / blog seperti trafik konversi pengunjung. Google Analytics bisa membantu kamu untuk melihat siapa saja yang melihat konten atau mengunjungi website. Selain itu, Google Analytics juga bisa melihat laman yang paling sering dikunjungi, berapa rata – rata waktu membaca, dan data lainnya. Itu baru fungsi dasarnya. Google Analytics ini gratis bisa digunakan secara cuma-cuma asal memiliki akun Google.

2. Google Ads

Menjadi peringkat satu pada mesin pencari adalah salah satu keinginan semua pelaku digital marketing. Bedanya dengan Google Analytics, tools ini menawarkan kepada kamu cara mengiklankan konten yang mumpuni di Google. Pada Google Ads ada tools bernama Google Keyword Planner, tools yang juga bisa membantumu menempatkan iklan di sebuah konten dengan pas.

Platform ini memungkinkan siapa saja, termasuk kamu, untuk mendapatkan eksposur lebih luas ke pengguna internet. Apapun format iklan yang kamu inginkan, sekecil apa pun skala bisnis kamu, dan sehemat apapun budget iklan kamu, Google Ads siap sedia memenuhi kebutuhan.

Selain fleksibilitas yang ditawarkan, Google Ads juga punya poin plus yang lebih strategis. Setidaknya ada tiga hal yang menjadikan layanan iklan ini spesial. Pertama, Google Ads menawarkan metrik atau tujuan iklan yang spesifik. kamu bisa mengarahkan calon pelanggan untuk menghubungi bisnis kamu, mengunjungi toko offline, atau mengakses website bisnis kamu.

Kedua, Google Ads memberi opsi jangkauan lokasi sebelum memasang iklan. Dengan demikian, kamu bisa memastikan iklan yang dipasang benar-benar menyasar audiens di tempat yang tepat. Lewat cara ini pula, kamu bisa mendulang potensi yang maksimal dari pencarian lokal.

Ketiga, Google Ads membantu kamu mengoptimasi iklan. Optimasi membuat tampilan iklan yang kamu pasang nampak lebih efektif dan “mengundang”. Lebih penting lagi, optimasi ini membantu kamu mendapatkan hasil yang sesuai harapan. 

3. SEMRush

Data-data yang dimuat di database SEMRush akan membantu kamu dalam memahami apa saja sih yang lagi trending di niche bisnis kamu. Bagusnya lagi, SEMRush juga menawarkan add-ons untuk Local SEO walaupun berbayar. Meskipun berbayar, fitur ini jadi pilihan bagus untuk bisnis lokal kamu. kamu jadi tahu peringkat dari kata kunci yang ditargetkan, bahkan bisa mengatur listing di Google My Business dan Facebook.

4. Canva

Di dunia digital marketing, tampilan itu segalanya. Karena itu, kamu perlu lebih strategis memasang tampilan visual di channel marketing yang kamu pakai. Untuk memudahkan pekerjaan sekaligus menghemat ongkos menyewa desainer, kamu bisa pakai Canva.

Canva adalah solusi bagi kamu yang awam dengan dunia desain visual. Platform ini menyediakan begitu banyak template untuk kebutuhan marketing kamu. Mulai dari logo, konten Instagram, banner iklan, poster, infografis, dan sebagainya. 

Supaya tampak lebih unik, kamu bebas juga mengeditnya. kamu boleh mengubah susunan elemen pada template. Bisa juga menambahkan elemen dekoratif di template tersebut. 

Tenang saja, untuk poin yang terakhir, Canva menyediakan berbagai pilihan jenis font, foto, ilustrasi, dan ikon. Beberapa di antaranya bisa ditambahkan secara gratis. Akan tetapi, ada juga pilihan elemen premium yang bisa kamu beli. Pada versi terbarunya, Canva juga menyediakan enam opsi download untuk desain yang telah kamu buat. 

5. Ahrefs

Seperti yang sudah kita ketahui, marketing tools adalah alat yang bakal bantu digital marketer untuk membidik target dan menjalankan strategi pemasaran dengan tepat. Nah, supaya konten dan website tepat sasaran dan juga SEO-friendly, kamu butuh yang namanya Ahrefs.

Sudah banyak SEO specialist yang merekomendasikan tool ini. Karena kamu bisa mengetahui berapa banyak kata kunci yang dimiliki kompetitor, gambaran SERP tanpa perlu membuka Google atau mesin pencari lainnya, menyimpan dan melacak peringkat kata kunci yang kamu pakai, mempelajari apa saja yang perlu diperbaiki terkait kesehatan website, mengetahui performa konten, dan lain-lain.

6. Hootsuite

Sebagai digital marketer expert, kamu tentu terbiasa memperhatikan segala aktivitas bisnis atau klien melalui social media. Terlebih jika bisnismu memiliki akun di beberapa platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube. Dengan beberapa channel sosial media yang kita miliki, tentu kita membutuhkan adanya platform manajemen social media terpusat. 

Dengan Hootsuite, kamu bisa memanajemen semua channel tersebut dalam satu platform saja. kamu bisa memantau beberapa akun sosmed sekaligus dalam satu halaman. Ada 20+ macam media sosial yang terintegrasi di Hootsuite. Tak hanya soal tampilannya saja yang memudahkan kamu memantau beberapa akun sosmed. Hootsuite juga memastikan kamu bisa mengelola akun sosmed dengan gampang. kamu bisa membuat konten dan menyimpannya sebagai draft. Tak sampai di situ saja, konten yang kamu buat bisa diatur agar terupload sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Dengan Hootsuite, kamu juga bisa menampilkan semua laporan analytics dalam satu halaman. Selain data umum seperti mentions, engagement, likes, dan semacamnya, Hootsuite juga memiliki opsi untuk menampilkan data yang berhubungan dengan performa tim. Secara spesifik, platform ini bisa menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan admin untuk merespons engagements dari audiens.

Karenanya, Hootsuite juga kompatibel untuk digunakan oleh beberapa user sekaligus. Terdapat fitur yang dipakai untuk mengatur akses user ke profil, jaringan, dan aksi spesifik. Di samping itu, ada juga fitur untuk menampilkan rencana konten, memberi tugas ke user, mengirim pesan, dan memberi akses ke galeri terpadu yang bisa dipakai user untuk membuat konten.

7. Mailchimp

MailChimp juga adalah salah satu tools digital marketing yang harus dikuasai. Ia memaksimalkan email sebagai media untuk pemasaran. Ia membuat email jadi platform marketing yang menyenangkan. Tools ini sangat sesuai bagi kamu yang menerapkan email marketing. Ia dapat membantu membuat campaign di email dan berinteraksi dengan para pelanggan di email. 

Masifnya pertumbuhan media sosial mendorong banyak orang untuk melakukan strategi pemasaran di platform ini. Menurut Campaign Monitor, strategi yang dijalankan via email lebih efektif dan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Tak hanya itu, return of investment (ROI) yang dihasilkan juga tinggi.

Dengan tool ini, kamu bisa mengirim hingga ribuan email dalam sekali waktu. kamu cukup membuat daftar kontak (leads) dan mulai mengirim email atau newsletter yang seolah sudah dipersonalisasikan. MailChimp juga terintegrasi dengan Google Analytics. Di sini kamu akan memperoleh data sejauh mana keberhasilan kampanye pemasaran yang dilakukan. Apakah email yang dikirimkan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru dari sebelumnya? Apakah email sukses menarik orang untuk mengklik website kamu? Dan lain sebagainya.

8. Yoast SEO

Menginstall Yoast SEO itu hukumnya cukup wajibkalau di digital marketing. Jadi kalau kamu belum juga menginstall plugin satu ini, segeralah install. Yoast SEO berfungsi untuk melakukan optimasi on-page SEO. Optimasi yang dimaksud memastikan konten dapat dibaca, dipahami, dan di indeks mesin pencari dengan tepat. Selain itu, optimasi ini juga membantu kamu memiliki konten yang enak dibaca pengunjung.

Jawaban singkatnya ialah software ini memiliki segudang fitur untuk memastikan mesin pencari melihat website kamu sebagaimana yang diinginkan, Yoast SEO dilengkapi dengan fungsi optimasi kata kunci, schema untuk membuat snippet, kontrol breadcrumb, bagian pengecekan konten duplikat, sitemap, serta permalink.

Kemudian ada fitur menarik lain, Yoast SEO akan menilai seberapa mudah konten kamu dinikmati pembaca. Penilaian ini tak dilakukan secara sembarangan ada skala resmi yang digunakan. Plugin SEO ini bisa langsung di install dan dapat di operasikan oleh seorang pemula sekalipun. Dapat dikatakan kalau tools ini paling komprehensif jika dibandingkan dengan jenis lainnya.