Apakah kamu pernah melihat suatu brand yang tiba-tiba viral karena banyak direview di media sosial? Inilah yang dinamakan kekuatan user generated content (UGC) dan word of mouth (WOM). User Generated Content (UGC) adalah konten tentang suatu brand atau produk yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna di media sosial. Konten UGC bisa berupa review, komentar atau unggahan lainnya di media sosial. Apa manfaat dari konten UGC untuk suatu brand?
Konten UGC adalah konten yang dibuat oleh konsumen secara gratis dan sepenuhnya bergantung pada pengguna. Audience melihat konten UGC ini lebih autentik dan jujur karena sifatnya sukarela. Oleh karena itu, audience merasa lebih percaya dengan konten UGC dibandingkan dengan konten dari brand. Selain itu, audience juga lebih mempercayai konten UGC karena review atau komentar tersebut berasal dari orang yang benar-benar sudah mencoba produk tersebut.
Apabila audience melihat konten UGC yang berisi review positif tentang suatu produk, ini bisa memicu mereka untuk ikut mencoba dan membuat UGC tentang produk tersebut. Jika semakin banyak orang yang memberikan review untuk suatu produk, maka dapat terciptalah word of mouth (WOM). Word of mouth (WOM) dapat menimbulkan rasa penasaran audience terhadap produk sehingga semakin banyak juga audience yang mencoba produk. Dengan begitu, produk pun dapat semakin banyak dikenal orang.