Apa Keuntungan dari Product Placement di Drama Korea?

Apakah kamu pernah melihat produk Kopiko muncul di drama-drama Korea? Beberapa tahun terakhir, produk Kopiko kerap muncul di beberapa drama Korea terkenal, seperti Vincenzo dan Hometown ChaChaCha. Bahkan, baru-baru ini produk Kopiko muncul sekaligus di tiga drama yang sedang ongoing, yaitu Little Women, Adamas, dan Today’s Webtoon. Bagaimana caranya produk Kopiko bisa muncul di berbagai drama Korea? Ini yang dinamakan product placement.

Product placement adalah strategi marketing dimana produk dari suatu brand ditampilkan di suatu produksi, seperti film, game, atau TV series untuk mendapatkan audience baru. Product placement merupakan salah satu teknik marketing yang lebih soft-selling dan implisit. Ada beberapa jenis product placement, seperti screen placement, script placement, dan plot placement. Screen placement adalah jenis product placement yang langsung memperlihatkan produk di dalam suatu scene tanpa menyebutkan nama produk. Kebalikan dari screen placement, script placement merupakan product placement yang hanya menyebutkan nama produk tanpa memperlihatkan produk. Sedangkan, plot placement adalah bentuk product placement yang membuat produk seakan-akan seperti ciri khas dari film.

Teknik marketing product placement ini memang memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan brand recognition dan awareness. Namun, mengapa Kopiko memilih melakukan product placement di drama Korea? Apa bedanya dengan melakukan product placement di film atau TV series Indonesia? 

Seperti yang kita ketahui, drama Korea tidak hanya ditonton oleh audience Korea, tapi juga ditonton oleh audience dari berbagai macam negara. Di Indonesia sendiri, drama Korea sudah sangat populer dan memiliki banyak audience. Dengan melakukan product placement di drama Korea, produk Kopiko dapat dikenal oleh audience lokal maupun audience dari luar negeri. Kopiko pun bisa memperluas pasar mereka ke luar negeri. Drama Korea yang dipilih oleh Kopiko untuk product placement juga merupakan drama-drama yang populer dengan cast yang memiliki banyak fans. Oleh karena itu, Kopiko dapat menjangkau lebih banyak audience dan meningkatkan brand awareness.