8 Cara Bekerja dengan Algoritma Instagram
Setiap platform ataupun search engine memiliki algoritma yang berbeda antara satu dengan lainnya, termasuk Instagram. Algoritma Instagram merupakan suatu teknologi atau parameter yang bisa menentukan konten yang paling banyak dilihat orang setiap kali pengguna membuka Instagram feed. Algoritma Instagram dibuat menggunakan kecerdasan buatan, sehingga cara menampilkan konten akan terus berkembang. Jika anda sedang melakkan digital marketing strategist, algoritma Instagram penting untuk Anda perhatikan.
Lalu, apa saja yang mempengaruhi cara kerja algoritma Instagram?
- Hubungan
Tujuan utama Instagram adalah untuk membuat orang-orang menghabiskan waktu lebih banyak dengan aplikasi mereka. Oleh karena itu, algoritma Instagram menonjolkan postingan dari akun-akun yang sudah saling terhubung atau saring beriteraksi. Jadi, saat pertama kali membuka Instagran, Anda akan melihat postingan dari akun-akun yang terakhir kali berinteraksi dengan Anda baik interaksi dalam bentuk likes, comment, direct message, mention, atau tagging.
- Ketertarikan
Jika pengguna terlihat tertarik dengan beberapa postingan, maka algoritma akan menyadari hal tersebut dan menunjukkan jenis kpnten yang sama kepada pengguna tersebut selanjutnya. Contohnya, jika Anda sering memberikan likes, comment, atau melakukan pencarian pada gambar atau video mengenai skincare dan healthy food, maka saat Anda membuka feed, postingan serupa akan kembali muncul pada feed Instagram Anda.
- Ketepatan waktu
Postingan yang lebih baru cenderung mendapat kesempatan lebih besar untuk tampil di feed pengguna. Namun, untuk bisa tetap bertahan di feed utama followers, konten Anda harus relevan dengan minat mereka. Oleh karena itu, selaih harus bisa memilih waktu postingan yang tepat, Anda juga harus mengunggah konten yang disukai oleh followers.
Selain ketiga hal di atas, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah frekuensi penggunaan dan akun-akun yang Anda ikuti.
Berikut ini adalah 8 cara untuk bekerja dengan algoritma instagram :
- Posting secara Konsisten
Tidak hanya membantu Anda untuk lebih mudah dijangkau oleh pengguna lain dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan unggahan Anda, tetapi melakukan posting di Instagram secara konsisten juga memudahkan akun Anda beradaptasi dengan algoritma.
- Analis akun anda
Jika Anda mengalihkan akun Anda ke akun bisnis atau kreator, maka Anda bisa mendapat fitur insight. Fitur ini dapat digunakan untuk mengetahui konten mana yang paling berpengaruh pada audiens. Anda dapat mengetahui jenis konten mana yang lebih disukai atau berapa banyak kunjungan yang datang dari hashtag.
Anda juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai audiens Anda. Misalnya, Anda dapat mengetahui waktu mereka online, lokasi mereka berasal, hingga usia dan jenis kelamin. Semua data tersebut bisa didapatkan melalui fitur insight.
- Repost Konten yang Menarik
Setelah membuat kalender konten, Anda juga harus menemukan konten yang menarik bagi followers. Setelah tau, posting ulang konten-konten menarik yang memiliki banyak interaksi. Itu akan sangat membantu akun Anda untuk mendapat kunjungan baru.
- Berikan Reward pada Audies
Salah satu cara untuk menghasilkan banyak traffic dan interaksi dalam penerapan strategi di Instagram adalah memberikan reward kepada audiens. Reward ini tidak harus dalam bentuk uang atau barang, tetapi bisa dalam bentuk User Generate Content (UGC).
Sudah banyak akun besar di Instagram yang melakukan posting ulang konten dari audiens mereka. Selain menghasilkan konten baru dengan waktu yang singkat, ini juga memberi kepuasan tersendiri bagi orang yang kontennya Anda repost dan hubungan Anda dengan orang tersebut akan menjadi semakin kuat.
- Berkolaborasi
Jika Anda mau mulai untuk memperluas jangkauan akun digital business yang Anda miliki, cobalah untuk berkolaborasi dengan influencer di Instagram. Temukan influencer yang sesuai dengan audiens anda agar kolaborasi bisa melengkapi dan memberikan keuntungan keduabelah pihak.
- Membangun Hubungan yang berkualitas
Hubungan yang baik dengan followers bisa membantu akun Instagram Anda lebih cepat berkembang. Untuk membangun hubungan ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti mengajukan pertanyaan. Social media campaign di Instagram memungkinkan Anda untuk bisa membuat Q&A dengan audiens melalui caption maupun story yang bisa meningkatkan engagement.
Kedua, Anda bisa memberi respons terhadap pesan yang masuk melalui direct message maupun kolom komentar. Lakukan dengan cepat dan menggunakan bahasa yang baik. Selain itu, Anda juga perlu berinteraksi dengan akun lain seperti memberi like atau komentar yang sesuai dengan tema anda.
- Gunakan Hashtag yang Tepat
Instagram menggunakan hashtag untuk mengelompokkan jenis konten. Oleh karena itu, hashtag yang tepat pada setiap posting meningkatkan kesempatan unggahan Anda dilihat oleh pengguna lain. Semakin populer sebuah hashtag, semakin populer atau semakin banyak orang yang menggunakan.
Anda juga harus melakukan riset hashtag, karena ada beberapa hashtag populer yang bisa memberikan pengaruh negatif pada akun Anda, bahkan dapat menyebabkan akun kena banned.
- Posting pada Waktu yang Tepat
Setiap akun di Instagram punya waktu yang terbaik dalam melakukan posting. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari kebiasaan audiens. Lakukan posting ketika audiens sedang online. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan dengan kalender konten dan data pada akun Anda.
Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja akun Instagram Anda sebagai penerapan digital marketing strategist. Mengoptimalkan penggunaan Instagram dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang di era digital ini.
SUMBER