SUVARNA.ID

6 Tips Social Media Marketing untuk Hasil yang Maksimal

Saat ini, media sosial berperan penting dalam memasarkan atau mempromosikan sesuatu. Social media marketing telah menjadi strategi yang banyak digunakan. Hal yang perlu kita ingat adalah kita tidak bisa asal dalam membuat dan menjalankan strategi social media marketing. Sebelum mulai menerapkan social media marketing, kita harus paham dulu tips-tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yuk, simak beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam melakukan social media marketing.

1. Tetapkan tujuan

Sebelum memasarkan sesuatu, pastinya kita harus punya tujuan. Hal ini  penting karena akan mempengaruhi jenis konten apa yang harus dibuat. Kalau tujuan kita adalah brand awareness, maka kita perlu membuat konten yang dapat meningkatkan reach dan audience growth. Sedangkan, kalau tujuan kita adalah meningkatkan traffic situs, kita perlu membuat konten yang memiliki call-to-action.

2. Gunakan platform yang tepat

Apabila brand atau perusahaan kita memiliki banyak media sosial, tentunya audiens kita juga semakin banyak. Tapi, perlu diingat kalau punya banyak platform media sosial tidak selalu baik. Setiap platform media sosial memiliki kegunaan dan karakteristik yang masing-masing. Selain itu, audiens di setiap media sosial juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus memilih media sosial yang tepat. Kita bisa memilih sesuai dengan brand atau tujuan pemasaran yang sudah ditentukan.

3. Bedakan konten di tiap media sosial

Seperti yang sudah dibahas, setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Fitur-fitur yang ada di setiap media sosial juga tidak sama satu sama lain. Misalnya seperti Instagram yang kontennya lebih fokus pada gambar dan video. Instagram bisa menjadi media sosial yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Berbeda dengan Instagram, Twitter lebih fokus pada konten yang berupa tulisan. Twitter cocok digunakan untuk meningkatkan brand engagement dan customer service. Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan konten dengan karakteristik dari media sosial yang kita gunakan.

4. Posting secara konsisten

Dalam mengunggah konten di media sosial, kita tidak boleh boleh posting hanya saat kita ingin. Kita harus konsisten posting secara rutin agar khalayak tetap mengingat kita. Untuk memudahkan kita dalam membuat konten secara konsisten, kita bisa menggunakan tools yang bisa menjadwalkan posting dan tools untuk membuat content calendar. 

5. Rajin berinteraksi

Salah satu manfaat utama dari media sosial adalah untuk mendekatkan diri dengan audience. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperbanyak interaksi dengan audience. Kita bisa mulai dengan membalas direct message atau komentar. Selain itu, kita juga bisa membuat konten interaktif dengan memanfaatkan fitur seperti polls dan question box. Hal ini bisa meningkatkan awareness dan engagement dari brand atau perusahaan.

6. Manfaatkan trend

Dalam melakukan social media marketing, kita perlu memperhatikan hal apa yang sedang menjadi trend di kalangan audiens kita. Kita bisa mengaitkan konten kita dengan hal yang sedang trending sehingga lebih menarik perhatian audiens. Konten kita bisa dikaitkan dengan isu, film, jokes, atau hal lain yang sedang disukai audiens kita. 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam membuat strategi social media marketing. Jangan lupa lakukan tips-tips ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal!

SUMBER