SUVARNA.ID

5 Manfaat Digital Marketing untuk Usaha Kecil

Di tengah maraknya penggunaan internet (online) saat ini, pemasaran produk juga jadi mengalami percepatan. Tidak semua kampanye digital marketing itu mahal, SEO (Search Engine Optimization) contohnya. Metode SEO ini dapat dilakukan sendiri tanpa memungut biaya. Walaupun gratis, dampaknya dapat sangat terasa dalam jangka panjang. Bisnis skala kecil sangat cocok dengan metode ini. Tentunya anda tetap bebas menggunakan marketing berbayar apabila menginginkan hasil yang lebih cepat. 

Anda dapat menggunakan metode SEO ataupun marketing berbayar lainnya. Asalkan dilakukan secara benar, perusahaan atau produk yang anda pasarkan akan berada di posisi teratas mesin pencari Google. Tidak hanya manfaat di atas saja, ada berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan metode pemasaran pemasaran digital. 

Manfaat Pemasaran Digital untuk Usaha Kecil dan Menengah

Hari ini, kita sedang menghadapi fakta bahwa bisnis tidak bisa terlepas dari internet. Tersedianya wifi memudahkan masyarakat untuk mengakses internet. Sebagai pengusaha UKM, memanfaatkan internet sebagai media pemasaran digital adalah sebuah keharusan di era ini. Pengusaha UKM dapat menikmati 5 manfaat jika memanfaatkan pemasaran digital dengan optimal.

1. Lebih Hemat Biaya

Salah satu pertimbangan mengapa pengusaha UKM harus menggunakan pemasaran digital adalah biaya. Biaya menggunakan media digital jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional sepertu media cetak, televisi dan lain-lain. Apalagi, kebanyakan bisnis dalam tahap awal sangat mementingkan biaya. 

Di dalam pemasaran digital, terdapat banyak metode pemasaran yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memanfaatkan website, email, forum-forum online, dan tentunya media sosial. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital lebih relevan dan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. 

2. Menciptakan Interaksi dan Hubungan baik dengan audiens

Interaksi langsung dapat dilakukan dengan mudah melalui pemasaran digital. Konsumen diberikan kemudahan untuk berinteraksi langsung mulai dari pencarian informasi produk, menyampaikan keluhan, memberikan kritik, dan memberikan apresiasi. Interaksi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti email, chat langsung ataupun telpon.

Interaksi langsung pada pemasaran digital juga dapat lebih mudah untuk memahami calon konsumen dan target pasar. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah merespons, memperbaiki, dan memberikan solusi yang dibutuhkan konsumen secara maksimal. Hal ini dapat berdampak positif pada citra dan relasi anda dengan konsumen.

3. Teknik Promosi Bervariasi

Berbagai teknik pemasaran digital dapat anda gunakan. Salah satunya adalah teknik SEO yang digunakan untuk membuat produk Anda berada di daftar teratas hasil pencarian google. Dengan konten yang berkualitas, Anda dapat menarik perhatian konsumen dan membuat citra produk anda bertahan lama. Memanfaatkan email, membuka afiliasi, dan trik-trik lainnya dapat digunakan.
Selain hasil yang organik yang tidak memungut biaya, Anda juga bisa menggunakan iklan berbayar. Menggunakan berbagai teknik promosi digital akan membuka banyak opsi. Strategi yang digunakan dapat bervariasi sehingga Anda dapat mengetahui mana yang lebih efektif. Dengan begitu, promosi yang Anda lakukan akan terasa lebih dinamis.

4. Pemasaran Real-Time yang Efektif

Manfaat digital marketing untuk UKM berikutnya adalah memberikan hasil observasi dan pemasaran real-time yang efektif. Penyebaran data melalui media digital terjadi begitu cepat. Beruntungnya, Anda dapat memanfaatkan banyak alat analisa untuk mengumpulkan data dengan mudah, cepat dan tepat.
Beragam statistik berguna Anda bisa dapatkan dengan jangka waktu yang cukup singkat, seperti jumlah pengunjung, perilaku pengunjung, respons terhadap iklan, dan lain-lain. Anda dapat melihat langsung hasil dari yang Anda telah kerjakan. Anda juga akan lebih mudah menentukan kebijakan pemasaran berikutnya, melakukan koreksi, membuat penyesuaian, dan sebagainya.

5. Target Pasar yang Spesifik dan Luas

Statistik dan alat analisis yang canggih membuat Anda lebih mudah untuk menentukan target pasar. Anda bisa melakukan sortir terhadap target konsumen berdasarkan letak geografis, perilaku konsumen, karakteristik konsumen, dan kategori-kategori lainnya. Hal ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk menyusun strategi pemasaran yang jauh lebih spesifik dan lebih efektif. Target pasar menjadi lebih jelas.
Media pemasaran digital memungkinkan siapapun untuk memanfaatkan semua saluran yang ada dengan biaya yang rendah. Anda juga bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Pengguna smartphone yang tingkat konversinya cukup tinggi dapat dijadikan target untuk setiap pemasaran digital.

Kelima manfaat digital marketing untuk UKM tersebut dapat Anda nikmati dengan strategi pemasaran digital yang tepat. Anda juga dapat meningkatnya konversi dan penjualan. SEO dan teknik digital marketing lainnya bisa Anda lakukan secara mandiri. Namun, jika Anda ragu Anda tetap bisa menggunakan jasa ahli untuk hasil yang pasti.