Digital marketing adalah upaya kegiatan promosi atau pemasaran menggunakan media digital ataupun internet. Di era sekarang yang serba digital, istilah digital marketing sudah cukup sering terdengar. Tujuan utama dari digital marketing adalah dapat mencakup pasar yang lebih luas dengan lebih cepat dan mudah. Apakah kamu pernah melihat brand atau perusahaan melakukan kampanye online (digital marketing) sebelumnya? Kampanye online apa yang paling kamu ingat?
Hampir semua perusahaan zaman sekarang menggunakan strategi pemasaran digital marketing. Kenapa digital marketing itu penting? Karena, cara ini lebih cepat dan lebih mudah untuk menjangkau konsumen. Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat bisnis atau usaha dapat memperoleh transaksi. Terlebih lagi di era pandemi cukup sulit menjangkau konsumen secara langsung karena keterbatasan akses.
Digital marketing memiliki 2 tipe yaitu “push digital marketing” dan “pull digital marketing”. Push digital marketing adalah berbagai upaya dari perusahaan atau brand mempromosikan produk atau jasa kepada calon konsumen seperti pengiriman email, sms, dan pembuatan blog. Jika push digital marketing calon konsumen bersifat pasif, pull digital marketing berfokus pada keaktifan konsumen atau calon konsumen untuk mencari informasi tentang produk dan jasa yang mereka butuh, seperti mencari pada mesin pencari ataupun melalui blog dan website
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang digital marketing mulai dari manfaat, jenis, hingga cara memulai, kamu dapat simak terus artikel ini sampai selesai ya!
Manfaat Digital Marketing
Berdasarkan data dari hasil survei Think with Google, di era digital ini 63% proses pembelian barang diawali dengan pencarian informasi produk secara online, cukup besar kan? Selain besarnya pasar yang bisa dijangkau berikut adalah manfaat digital marketing yang perlu kamu ketahui:
1. Lebih cepat dan efisien
Strategi pemasaran dengan menggunakan media konvensional bisa memakan waktu hingga berhari – hari. Sedangkan strategi pemasaran menggunakan media digital dapat dilakukan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu saat kamu memasang iklan online, kamu bisa menentukan konsumen langsung sesuai target pasar yang dicari. Dengan demikian, iklan akan lebih efisien dan bisa menghasilkan penjualan lebih mudah.
2. Lebih terukur
Dengan menggunakan media digital, hasil dari kegiatan pemasaran dapat diketahui dengan cukup akurat seperti banyaknya yang melihat produk, jumlah konversi dari setiap kampanye yang dilakukan, dan sebagainya. Informasi tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi mana strategi yang baik dan buruk untuk diperbaiki pada kampanye selanjutnya.
3. Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan yang luas. Kamu bisa mempromosikan produk ke mana dan kapan saja, baik secara lokal, nasional, atau internasional sesuai dengan target market yang dipilih atau diinginkan.
4. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu kamu membangun nama brand dengan baik. Banyaknya orang yang melakukan pencarian secara online dapat dimanfaatkan dengan membuat nama brand selalu ada di salah satu pencarian teratas sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga awareness brand akan semakin meningkat, terpercaya, dan diingat oleh calon konsumen maupun konsumen.
5. Lebih mudah membangun hubungan dengan konsumen
Kekurangan dari traditional marketing adalah tidak adanya interaksi langsung dengan konsumen, karena tradisional marketing bersifat satu arah. Namun tidak dengan digital marketing. Dengan adanya digital marketing, kamu tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen untuk memberi pelayanan, cukup bangun interaksi melalui media sosial secara rutin untuk meningkatkan kedekatan.
Kamu juga bisa melakukan personalisasi dari konsumen yang telah tertarik atau membeli produk yang kamu jual dengan melakukan riset profil dan karakter konsumen, sehingga kamu bisa menghadirkan produk yang lebih sesuai dengan keinginan konsumen.