Sudah coba promosi habis-habisan tapi belum kelihatan hasilnya? Mungkin teknik copywriting Anda yang perlu diperbaiki! Copywriting adalah teknik penulisan yang disusun untuk mempromosikan suatu brand dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mendorong pembaca untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh penulis. Copywriting berbeda dengan cara menulis biasa. Diperlukan bahasa dan kata-kata yang tepat untuk bisa mempengaruhi audience Anda. Berikut ini adalah formula copywriting yang bisa Anda coba untuk menarik perhatian audience.
1. Hook
Awali dengan kalimat atau pernyataan kontroversial yang bisa langsung menarik perhatian audience. Kalimat pertama ini sangat penting karena apabila kalimat awalnya tidak menarik maka audience tidak akan lanjut membaca.
2. Pain
Setelah mendapatkan perhatian audience, lanjutkan dengan menyebutkan masalah yang biasa dialami oleh target audience yang dapat diselesaikan oleh produk Anda. Tunjukkan empati yang memperlihatkan bahwa Anda memahami perasaan tersiksa yang mereka alami karena masalah ini.
3. Solution
Sebutkan solusi yang dapat ditawarkan oleh brand atau perusahaan Anda untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh target audience. Disini Anda bisa menyebutkan keunggulan dari produk Anda dan keuntungan apa saja yang bisa didapatkan apabila memakai produk Anda.
4. Call to Action (CTA)
Akhiri dengan kalimat call to action (CTA) yang mengarahkan atau mengajak audience untuk melakukan apa yang kita inginkan. Gunakan CTA yang sesuai dengan objective kita dan bisa langsung convert.