SUVARNA.ID

4 Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Brand

Strategi Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

Setelah memiliki website, ada upaya atau cara membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian secara organik dengan membuat konten seperti artikel, memperbaiki tampilan website, dan juga mengoptimalkan performa website 

2. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi marketing yang di dalamnya ada kegiatan membuat dan mendistribusikan konten. Konten harus mampu mendeskripsikan bisnis secara jelas dan informatif. 

Ada banyak manfaat menggunakan content marketing dalam promosi bisnis. Jika konten yang dibuat memenuhi tiga syarat, yaitu penting, relevan, dan konsisten, maka konten tersebut memiliki peluang yang besar untuk mendatangkan pengunjung. Mereka akan dengan senang hati membaca, kemudian membagikan konten tersebut kepada pengguna internet lainnya, bahkan bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, infografis, serta brosur. Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, atau video. Proses content marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email marketing, atau digital ads.

3. Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah mengoptimasi website agar muncul di mesin pencari dengan memanfaatkan iklan. Dengan kata lain, dalam penerapan SEM dibutuhkan trik mengiklankan website secara tepat menggunakan berbagai metode, seperti Pay Per Click (PPC), dan sebagainya. Jelas dalam penerapan metode ini dibutuhkan biaya. SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

Pay per click atau PPC adalah bentuk iklan online dimana pengiklan dikenai biaya saat pengguna mengklik iklan mereka. Pada dasarnya ini seperti membayar orang setiap kali mereka berkunjung ke situs kamu lewat iklan tersebut, bukan seolah-olah lewat konten organik yang dibuat. 

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu model pemasaran era digital yang sedang naik. Affiliate marketing adalah sebuah metode pemasaran dimana pemilik suatu bisnis akan memberikan komisi kepada seseorang yang berhasil mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki.

Dalam affiliate marketing, umumnya ada tiga pihak yang terlibat, yaitu Merchant sebagai pihak pemilik suatu bisnis atau produk, Affiliate Marketer sebagai pihak umum yang bekerjasama dengan merchant, dan pelanggan sebagai pihak yang melakukan aksi atas hasil promosi affiliate marketer. Tingkat keberhasilan promosi dalam model pemasaran afiliasi sebenarnya tidak hanya sale (penjualan), namun tergantung dari apa yang diminta pihak merchant.