Menjadi viral tentu dapat memberikan keuntungan untuk brand Anda. Namun, bagaimana jika brand Anda viral karena alasan yang negatif? Apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan reputasi brand Anda? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh brand Anda!
1. Brand harus proaktif
Untuk mengatasi berita negatif yang viral, brand harus proaktif dan merespon dengan cara terbaik. Dalam berinteraksi dengan audience di media sosial, kita juga harus memberikan respon yang telah dipikirkan dengan matang.
2. Analisis dan buat rencana sebelum bertindak
Ketika Anda melihat bahwa brand Anda viral karena alasan yang negatif, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu inti permasalahan yang diributkan oleh audience. Setelah mengetahui masalah utamanya, akan lebih mudah bagi brand Anda untuk merencanakan bagaimana respon yang tepat.
3. Berikan permintaan maaf dengan tulus
Jangan tunggu sampai masalah reda untuk meminta maaf. Berikan permintaan maaf secepatnya, tapi jangan panik dan asal berucap. Pastikan bahwa brand Anda meminta maaf secara tulus. Memberikan permintaan maaf juga dapat meningkatkan brand image Anda.
4. Lakukan aksi nyata
Memberikan permintaan maaf memang dapat membantu memperbaiki reputasi Anda, tapi sia-sia saja kalau permintaan maaf ini tidak disertai aksi nyata. Selain meminta maaf, perbaiki juga hal-hal yang dikritik oleh audience. Apabila brand Anda melakukan aksi nyata, audience akan melihat bahwa brand Anda mendengarkan kritik audience dan bersungguh-sungguh untuk memperbaiki diri.